Skip to content

Mengenali Tipe Temperamen & Kepribadian: Tipe Cermat

April 30, 2010

“Mengenali tipe-tipe kepribadian seseorang adalah langkah awal meningkatkan kecerdasan interpersonal kita.”

(Family DISCovery)

Berdasarkan penelitian Dr. William Marston, salah seorang psikolog terkemuka di abad 20-an, disampaikan bahwa temperamen primer/dasar manusia terdiri dari empat jenis yaitu: Dominan, Intim, Stabil, dan Cermat.

Tipe Cermat

“Selalu Cari Cara yang TERBAIK dan EFISIEN”, demikianlah pendekatan pribadi cermat dalam bekerja. Tipe cermat memiliki beberapa kekuatan seperti: mereka cenderung perfeksionis dan menetapkan standar yang tinggi dan akan berusaha keras untuk mencapai hal tersebut, anak yang mandiri dan tenang. Kemampuan analitis membuat mereka mampu menemukan setiap masalah yang mungkin akan muncul. Pemikiran kreatif memungkinkan mereka untuk melakukan penemuan atau menciptakan produk yang kreatif dan bermanfaat. Orang cermat memiliki sifat yang paling kaya dan sensitif dibanding temperamen primer lainnya. Mereka juga merupakan individu yang dapat diandalkan untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktunya atau menyelesaikan setiap aktivitas yang mereka mulai. Mereka selalu berfokus pada realitas, mampu memperoleh, menganalisa, menguji informasi yang ada dan mampu mengorganisir semua data dengan baik.

Tentunya terdapat juga keterbatasan yang perlu dikelola, seperti: sifat perfeksionis dan hati-hati yang berlebihan sering kali menimbulkan sifat pesimis, negatif, dan kritikan. Mereka juga cenderung terlalu kaku atau terlalu dibatasi oleh prosedur dan metode sehingga sulit untuk bersikap fleksibel. Karena terlalu berfokus pada detail dan penyelesaikan tugas, mereka sering kali mengabaikan hubungan dengan orang lain. Sifatnya yang sensitif membuat mereka sangat peka terhadap kritikan dan mudah tersinggung. Mereka juga cenderung introspektif, sulit mengekspresikan isi hatinya dan cenderung pendendam.

*dikutip dari majalah Luar Biasa edisi No. 05 Tahun II, Mei 2010, hal. 46 – 47*

Wow! Aku banget!

From → about me

Comments are closed.

%d bloggers like this: