Skip to content

R.E.S.I.S.T.E.N.S.I

February 10, 2010

perahuFacebook lagi-lagi mengubah interface-nya. Saya tidak ingat ini untuk keberapa kalinya. Tapi saya ingat, setiap kali tampilannya berubah, saya sering menjumpai protes-protes dari beberapa cukup banyak pengguna Facebook.

Nadanya hampir semua seragam, yaitu berteriak “Ribet!” “Menyulitkan!” “Pusing!” “Aneh!” “Jelek!” “It sucks!” … lalu ujung-ujungnya biasanya menuntut dikembalikannya layout yang lama.

Saya mencoba membayangkan bagaimana reaksi para karyawan Facebook, terutama tim yang terlibat secara langsung meluncurkan tampilan tersebut, waktu mendapati hasil kerja keras mereka berbulan-bulan malah menuai protes keras seperti itu.

Well, yang jelas, pada kenyataannya Facebook tetap bertahan dengan layout barunya. Mereka tidak lantas tergopoh-gopoh mengembalikan layout lama demi agar customer “puas”. Jadi saya menyimpulkan, mereka sadar bahkan mungkin telah mengantisipasi protes-protes tersebut, waktu mereka masih proses menggodok requirement perubahan layout tersebut.

Bagaimanapun, tidak mungkin membuat semua pihak happy. Yang jelas, pasti ada alasannya mengapa mereka memutuskan layout Facebook harus berubah. Barangkali tidak sedikit juga keluhan dari customer yang tidak puas dengan layout lama, makanya mereka merancang layout baru.

“PERUBAHAN”… selalu dan selalu akan menuai resistensi.. pada awalnya. Tapi konyol namanya kalau setelah meluncurkan fitur baru atau layout baru, lalu tidak lama kemudian kembali ke versi lama… hanya untuk memuaskan SEBAGIAN customer.

Saya senang Facebook konsisten, saya senang dia tidak “menyerah” begitu saja. Saya senang dia sanggup bertahan walaupun digempur dari kanan-kiri. Pada akhirnya, toh para pendemo itu tetap menggunakan Facebook. Protes sih, tapi tetep pake.๐Ÿ˜€

Sejak 2 tahun lalu, saya bergabung dengan perusahaan yang bergerak di bisnis online. Salah satu produk kami berupa sebuah alat pembayaran online dengan konsep internet wallet. Saat itu, belum ada webstore yang menerapkan pembayaran dengan cara ini. Hampir semua pemain webstore menerima pembayaran dengan cara transfer. Jadi ini cara baru. Kami mendobrak sistem transfer. Kami “melanggar” prinsip-prinsip transaksi di internet yang telah diterima oleh umum.

So, waktu webstore-webstore kami menggunakan internet wallet ini, protes, keluhan, sampai amarah berdatangan. Teriakan “Ribet!” “Menyulitkan!” “Pusing!” “Aneh!” itu kami alami juga.

Tapi seperti Facebook, kami bertahan. Kenapa? Karena kami yakin, setelah badai resistensi itu berlalu, para penggunanya akan mendapat manfaat yang lebih besar dibandingkan dengan kesulitan dan usaha yang dikerahkan untuk mengenal cara yang baru ini.

Perbaikan di sana-sini tentu terus kami upayakan. Kami juga menyadari, wajar kalau resistensi itu muncul, karena pada dasarnya perubahan itu pasti tidak nyaman. Kita lebih nyaman dengan hal-hal yang telah kita kenal, telah kita kuasai.

Di sisi lain, kami berharap para pengguna tidak gampang menyerah. Ini memang beda dengan cara yang telah Anda ketahui. Tapi bukan sulit. Sulit itu kalau harus membayar 1000 padahal cuma punya 500, hehehe.๐Ÿ˜€ Seringkali yang kita katakan sulit itu sebenarnya = “BELUM tau caranya”. Bagi balita, langkah pertama itu sulit; tapi begitu dia TAU cara melangkah, voila… dia berjalan dengan mudah.

Anyway, BIG THANKS untuk teman-teman yang pernah merasa kesulitan tapi tetap terus mencoba. Halo Pak KJ, Mbak Helga, Pak Marzuki, Pak Laut Biru, Teh Okky.๐Ÿ˜‰

Back to Facebook, ayo kita main tebak-tebakan, berapa lama layout yang baru ini akan bertahan sebelum digantikan oleh layout baru lagi?๐Ÿ˜›

From → fun, IT, opini

2 Comments
  1. Sewaktu perubahan sebelumnya, saya suka.. seems fabulous.. Nah sewaktu berubah lagi kayak sekarang, koq ya mirip sama yg sebelumnya. Makanya saya protes hehehe…

    Hmmm 6 bulan deh teh, tebakan saya๐Ÿ˜€

  2. gak heran, tp kadang gak habis pikir knapa user2 (at least org terdeketku) bisa sangat addict sama doi xixixi heran, lebih heran lagi.. si hendra masih aja pake doi buat nyepem๐Ÿ˜†

Comments are closed.

%d bloggers like this: