Skip to content

Passive Information Gathering

November 26, 2008

Ada yang udah tau kalau Jasakom menerbitkan majalah? Judulnya Underground Magz . Edisi pertama terbit bulan… *halah, ternyata bulan/tahun terbitnya gak tercantum di manapun di majalah tsb*😛 .

Di salah satu artikel ada yang membahas tentang Passive Information Gathering . Opoooo kuwi ya? Ra weruh aku. Anyway, bagian akhirnya sangat bermanfaat supaya aku gak lupa apa tujuan utama me-mantain server.

Passive Information Gathering harus dilakukan minimal untuk 2 tujuan:

  1. Memastikan server SELALU “ngoceh” seperlunya.
  2. Memastikan server SELALU jalan sesuai fungsinya.

Memastikan server selalu “ngoceh” seperlunya kira-kira sama dengan:

  1. Penetration testing.
  2. Hardening.
  3. Patching.

Sedangkan memastikan server selalu jalan sesuai fungsinya, itu sama dengan:

  1. Troubleshooting.
  2. Programming.
  3. Monitoring.

Great article! Menurutku poin-point tersebut bermanfaat sebagai panduan untuk menjadi SysAdmin yang baik dan benar.

From → IT

3 Comments
  1. dolo sempet beli (dipaksa itu juga) bukunya jasakom … sedikit kurang memuaskan seh isinya … tidak seheboh yg dibicarakan … hehe

    BTW pertamax yah😀

    #arai: ini sih bukan buku tp majalah. btw yg memuaskan teh nu kumaha contona?😉
    btw baru tau cara reply komen nih dr hasil tanya di forum. huehehehe…

  2. kalo buku jasakom mah,saia sukanya yang karya kang y3dips
    “Hacker ?
    It’s not about BLACK or WHITE”

    neh buku keren banget,salooot buat jasakom lah

    hai, makasih ya udah mampir. salam kenal.

  3. Ada majalah digitalnya ga?
    Kalau ga ada, ya terpaksa Ibu Marta harus ngirimin majalah itu ke Bandung. he he.., terus terang saya belum pernah bali, apalagi baca, cuma pernah baca dari web sitenya aja.
    (Btw, reply comment nya bisa kan?)

    Di antos

    hehe, iya nih udah bisa reply, hatur nuhun buat pencerahannya. waduh gak tau d ada digitalnya apa gak. ntar klo ada di-share d.

Comments are closed.

%d bloggers like this: