Skip to content

Problem with Google Apps Mail Service

October 21, 2008

Memanfaatkan service mail dari Google Apps memang solusi yang jitu untuk menangkis spam, sekaligus memudahkan kami untuk me-manage banyak mail address.

Selama ini kami menggunakannya seperti ini:

a. create account user di Google Apps mail service sebanyak jumlah karyawan (1 karyawan = 1 user = 1 mail address)
b. create 1 special account untuk berfungsi sebagai collector
c. di setiap account karyawan, set Forwarding ke account collector tsb
d. di kantor, install KMS untuk download email (POP) dari Google Apps –> cukup download 1 special account tsb saja (point b)
e. create sorting rule di KMS sehingga setiap email dapat dikirimkan kembali ke local mailbox karyawan masing-masing

Dengan cara ini, jumlah koneksi POP jadi minimal, dan lebih simple daripada harus maintain POP untuk setiap karyawan.

TETAPI

ternyata ada masalah.😦

Dengan skenario di atas, terjadi proses email forwarding. Pada kenyataannya, ada kasus-kasus di mana email di-forward lebih dari sekali. The problem is… ternyata Google Apps gak mencantumkan “original-to” di headernya setelah email ybs di-forward ke email lain.

Akibatnya, setelah sampai di Kerio, aku kehilangan jejak sehingga sulit untuk menentukan email ini seharusnya di-sorting ke siapa. Masalah semakin rumit kalau ada BCC di email ybs.

Hmm.. harus putar otak dulu deh untuk ngakalinnya.

From → IT

2 Comments
  1. Wah , mas … kalo udah pake KMS dan punya ip publik … kenapa nggak bikin skenarionya seperti ini … ubah mx entri di hosting agar menuju ip publik yang sudah diarahkan ke server KMS , lalu rubah CNAME di hosting agar domain mail.domainanda.domain mengarah ke server anda. lebih praktis deh … saya juga pake kms. Untuk google hosted, sebaiknya anda tidak perlu pakai kms lagi .. karena dari sisi management user nya sudah bagus fitur fitur dashboardnya … cukup merubah mx entri di hosting saja … terus di client rubah pop dan smtp nya deh …

    saya juga pake google hosted untuk dua domain saya, lumayan lah … cepet juga buat transaksi emailnya … semoga dapat membantu.

  2. #othman: thanks buat sarannya lho.
    memang betul bs konfigurasi spt saran anda, tp sy ada kebutuhan spesifik shg lebih cocok klo pake kms.🙂

Comments are closed.

%d bloggers like this: