Skip to content

Linux? Harus Hapal

July 24, 2008

Hmm.. bekerja dengan Linux itu intinya adalah menghapal perintah. Apalagi kalau kerjanya remote dengan server, bukan desktop.

Memang sih ada Webmin. Tapi hampir semua tutorial yang beredar di internet atau buku memberikan command line-nya. Selagi mengikuti step tutorial tsb satu persatu, kadang ada aja kemacetan yang harus ditanggulangi dulu. Lah, mosok untuk itu musti pergi ke komputer lain untuk buka webmin dulu? Gak keren kan.πŸ˜‰ Selain itu juga gak praktis gitu lho. Wong saat itu sedang ada di dalam sistem ybs kok.

Jadi, saya mengambil kesimpulan, bedanya admin yang jago dengan admin pemula adalah tingkat daya hapalnya.πŸ˜€ Yang jago itu gak perlu ngintip buku panduan dulu, gak perlu googling dulu, gak perlu turun ke lantai 1 untuk ngambil majalah Info Linux dulu. Ada macet apapun, jari-jemari sang admin jagoan terus aja menari-nari di atas keyboard, memberikan serangkaian perintah yang sudah dihapalnya luar kepala.

Alhasil, pekerjaan admin jagoan bisa “diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja” *hehe, kayak proklamasi aja*, sementara yang pemula butuh waktu berjam-jam atau bahkan berhari-hari.

Hhhh.. padahal saya ini paling males menghapal.πŸ˜€

Tapi gpp ding , itung-itung sekolah lagi. Jadi.. mari menghapal, yuk yuk!πŸ˜‰

From → IT, linux

Comments are closed.

%d bloggers like this: