Skip to content

My Hardy Goes Multimedia

July 17, 2008

Akhirnya! Berhasil juga aku membuat Kubuntu Hardy-ku play mp3 dan dvd. Dari hasil googling memang dapet banyak link yang kasih solusi. Ada beberapa cara. Setelah 2 hari trial ‘n error tanpa hasil (maklumi dong, kan aku baru bisa ngoprek di atas jam 8 malam), baru hari ini sukses. Begitu mendapatkan petunjuk yang tepat, semuanya mendadak gampang. Sampai aku heran sendiri, “Cuma begini?”😉

Intinya, install paket kubuntu-restricted-extras. Satu hal yang penting adalah, meskipun sudah ada GUI (seperti adept-manager) install-lah dengan command line karena nanti bakal ada konfirmasi waktu install salah satu library-nya (java). Kalau pake adept-manager, kamu gak bisa confirm, sehingga berkesan adept-manager-nya hang (padahal udah di atas 90% progress-nya).

OK, step-stepnya sbb:
1. Pastikan sudah meng-enable repository Universe, Multiverse, dan Medibuntu. Mesti 3-3-nya ya. Jangan nekat pake repository Indonesia, krn tidak bisa diandalkan *hiks*. Untuk menambahkan yang Medibuntu, perintahnya:

sudo wget http://www.medibuntu.org/sources.list.d/hardy.list -O /etc/apt/sources.list.d/medibuntu.list

2. Pastikan repository tidak ada masalah dan set medibuntu keyring.

sudo apt-get update && sudo apt-get install medibuntu-keyring && sudo apt-get update

3. Kalau ada pending upgrade (biasanya update manager-nya kasih alert kok), silakan di-apply dulu.

sudo apt-get upgrade

4. Install paket kubuntu-restricted-extras. Ini diperlukan supaya Kubuntu bisa memainkan format-format yang ilegal.

sudo apt-get install kubuntu-restricted-extras

5. Selesai.

That simple! Tinggal buka music player dan mainkan mp3-mu.

Referensi:
http://www.kubuntu.org/faq#mp3
https://help.ubuntu.com/community/RestrictedFormats
https://help.ubuntu.com/community/Medibuntu

From → fun, hardy, IT, linux

Comments are closed.

%d bloggers like this: