Skip to content

Menjalin Hubungan Harmonis Antar Tetangga

July 17, 2008

Untuk bisa ngakses file-file di komputer lain (network neighborhood) yang menggunakan windows, gampangnya mainkan saja tarian Samba.😉

Di server Ubuntu Feisty server edition-ku, langkah-langkahnya sbb:

1. Install paket Samba server.

sudo apt-get install samba

2. Install library (?) samba file system (smbfs).

sudo apt-get install smbfs

3. Install paket Samba client.

sudo apt-get install smbclient

4. Setelah tools-nya siap, berikutnya siapkan user-nya dengan cara:

*To add existing Linux user as a Samba user, user the smbpasswd command*

sudo smbpasswd -a wati

New SMB password: ******

Retype new SMB password: ******

Added user wati

5. Test konek ke komputer windows yang sudah di-share (yang ingin diakses file-nya).

smbclient -L wati-xp

-atau-

smbclient -L 192.168.1.1

Password: *****

Anonymous login successful

6. Kalau udah pasti oke seperti di atas, tinggal mount aja.

sudo mount -t smbfs  -o username=wati,password=MySecret //192.168.1.1/mymusic /mnt/mymount

7. Beres. Kalau browse di folder /mnt/mymount nanti udah muncul tuh shared files dari komputer wati-xp. Panggil perintah ls seperti biasa. Kalau mau copy files, juga tinggal pake perintah cp seperti kalau mau copy antar folder.

#cd /mnt/mymount
#ls
#cp /mnt/mymount/kisah-sedih-di-hari-minggu.mp3 /home/wati/music/kisah-sedih-di-hari-minggu.mp3

Gampang banget kalau udah tau caranya yah?😀

Referensi: Buku Ubuntu Linux Toolbox.

41e5CgkmptL

From → feisty, IT, linux, reminder

Comments are closed.

%d bloggers like this: