Skip to content

Dicari: Payment Gateway di Indonesia

March 5, 2008

Secara kebetulan nemu postingan ini, tentang pembayaran lewat internet di blog-nya salah satu tokoh IT Indonesia, Romi Satria.

Di tulisannya, beliau mendata beberapa payment gateway yang cukup exist saat ini, yang sudah tentu dimenangi oleh Paypal.

Sembari membaca tulisan tsb, lalu komentar-komentarnya, yang terbersit dalam pikiran saya adalah, wah ini sih bakal jadi kerja super keras bagi perusahaan IT di Indonesia yang ingin membuat payment gateway. Beberapa komentar di situ nadanya adalah tidak percaya sistem pembayaran online karena reputasi dan pengalaman buruk orang-orang ybs.

Belum lagi usaha yang harus dilakukan supaya payment gateway yang baru jadi itu bisa diketahui keberadaannya oleh konsumen dan para pelaku bisnis. Buktinya baru di box komentar muncul nama-nama payment gateway lain yang tidak ditulis (atau dikenal?) oleh Pak Romi. Padahal, keluar dari mulut tangan orang setenar Romi Satria pastinya produk ybs ikut tenar juga, hehe.😀

Saya sendiri tau bahwa ada satu payment gateway yang namanya PayGlobalOne, yang dipakai di toko pulsa online Hipokuku.Com karena saya member di sana dan sudah biasa beli pulsa lewat situ. Tapi ya itu tadi, kayaknya sedikit banget belum banyak yang tau keberadaannya.

Jadi mikir, jangan-jangan sebetulnya ada beberapa atau cukup banyak online payment yang sudah bisa dipakai di Indonesia, cuma belum banyak yang tau saja. Kecuali perusahaan ybs promosi besar-besaran (masuk TV misalnya, atau pasang billboard di jalan-jalan raya), ya memang mungkin butuh waktu untuk exist sehingga next time nama payment gateway tsb muncul di tulisannya Romi Satria (atau tokoh IT lainnya).

Bahkan sering saya berpikir, informasi di internet itu memang SANGAT BANYAK, tapi untuk mengumpulkannya seperti berusaha mencomoti jarum satu per satu di bertumpuk-tumpuk jerami. Random, gak sistematis. Begitu juga sebaliknya, menghadirkan diri di internet itu memang mudah, tapi bisa jadi kita ternyata terlewati begitu saja oleh sang pengumpul jarum.

From → IT

Comments are closed.

%d bloggers like this: