Skip to content

Personal Growth and Self Development

March 23, 2007

After years and years I’ve been seeing with half eyes… *euhhh.. inggris maksa*

Setelah bertahun-tahun aku memandang sebelah mata isu-isu seperti: ‘pengembangan kepribadian’, ‘10 cara menjadi pemimpin yang baik’, ‘20 tips praktis untuk membentuk tim yang hebat’, ‘bagaimana bekerja yang efektif’, ‘bagaimana mendapat teman dan mempengaruhi orang lain’, ‘Anda pasti bisa kalau Anda berpikir Anda bisa’, dst dst…

wait, sebelum dilanjutkan aku mau jelaskan apa maksud memandang sebelah mata.

Bukan meremehkan. Tapi waktu itu aku menganggap itu semua adalah hal-hal abstrak, gak eksak. Mana bisa ada orang merumuskan step-by-step mempelajari hal yang abstrak tersebut. Aku percaya bahwa aspek-aspek yang seperti itu hanya bisa diperoleh dengan sendirinya, dengan mengalami sendiri, DAN *ini titik beratnya* proses yang dijalani oleh tiap orang untuk mencapai aspek tsb gak mungkin sama, beda orang beda cara , ada yang prosesnya cepat – ada yang lambat, bahkan ada yang memang dari sononya gak bisa. Jadi aku cenderung skeptis dengan buku-buku dan diskusi-diskusi tentang topik begituan.

Bertahun-tahun…

Tapi ternyata emang bener, people changed. So do I. Tanpa harus dipaksa-paksa, ndilalah belakangan ini aku mulai enjoy baca buku begituan *jangan ngeres!*. Dengerin James Gwee. Cari-cari referensi di internet. Dan terdorong untuk share hal tsb dengan orang lain, bahkan terlibat diskusi. Hahaha.

Mungkin aku berubah karena sekarang mulai ngerasa butuh. Ternyata memang gak cukup hanya mengandalkan insting dan naturally aja untuk berkembang dan mencapai sesuatu. Apalagi sekarang ada tanggung jawab yang lebih.

Atau mungkin dulu semua dorongan, saran, motivasi, dari kiri-kanan itu belum pas kena di titik yang tepat. Emang sekarang udah kena yang tepat? Embuh! Maybe.🙂

Kemarin aku baru selesai dengerin CD James Gwee tentang 7 tipe kepribadian, dan bagaimana cara memperlakukan masing-masing tipe (ada di CD Selling with Empathy). Wah, ternyata asik juga dengerin hal-hal begini. Apalagi karena audio, gak butuh kerja keras untuk mempelajarinya. Bisa sambil tiduran, sambil dandan, makan, dll.

Ada 1 buku yang sedang aku baca, Good To Great. Interesting.

Next time aku mau coba posting summary-nya ahhh..

Hmm, ngomong ngalor-ngidul gini, sebetulnya latar belakangnya karena sekarang ini kami sedang ada proyek besar, yaitu ‘developing our team’. Ini hal baru buatku, juga buat yang lain. Butuh kemauan yang besar dan semangat yang konsisten kalau mau ini berhasil.

Rada khawatir juga sih aku, mengingat sifatku yang mudah bosan dan pecah konsentrasi.

Anyway, wish us luck!

*hmm, sebetulnya ungkapan ini kurang tepat. karena suatu keberhasilan gak bisa mengandalkan keberuntungan semata. tapi belum nemu ungkapan yang lebih pas sih.*

From → bragging

Comments are closed.

